Lautan Rambutan  

Posted by doedoedoe

..Anda memasuki Kotabumi, Lampung Utara..
..Surga bagi para pecinta Rambutan..


Mungkin slogan tadilah yang seharusnya terpampang di depan Gapura tanda masuk Kotabumi, Lampung Utara yang saya tinggali sekarang ini. Yup memang benar, sudah sekitar 2 mingguan ini rambutan merajai Kotabumi. Sepanjang jalan dari mess menuju ke kantor, pohon rambutan yang sedang ramai berbuah menjadi pemandangan yang sangat biasa di pinggir-pinggir jalan.

Warna merah ranum segar menghiasi pohon-pohon rambutan yang sangat mudah kita jumpai di sini. Pohon-pohon yang tidak tau bertuan atau tidak itu bagaikan barisan pohon berhiaskan lampu-lampu merah, kuning, hijau pada saat siang hari. Memberikan warna segar di sekitar kawasan yang monoton hijau atau coklat.

Kabar yang saya dapat dari orang setempat, konon sebelum lahan untuk rambutan telah tergantikan menjadi bangunan-bangunan dan ladang singkong, jumlah rambutan jauh lebih berlimpah daripada sekarang. Bahkan pada saat itu ketika musim rambutan, harga rambutan hanya Rp 50,- /kilonya.

Banyak yang tidak tahu bahwa dibalik rasanya yang sangat manis, rambutan justru menyimpan khasiat untuk menyembuhkan kencing manis. Bijinya lah yang mempunyai khasiat ini. Sebenarnya apabila kita jeli, musim rambutan seperti ini sebenarnya bisa mendatangkan keuntungan yang lain seperti dalam hal pengobatan kencing manis. Tapi sayang sekali tidak dilirik..


This entry was posted on Tuesday, February 26, 2008 at 10:59 AM . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

1 comments

aduuuuhh..baca postingan ini ilerku membanyak! slurp..slurp... rambutan di jogja kalah murah dong, di sini sekilo dua ribu lima ratus..wah, kalo homer simpson di sini..pasti dia akan bilang, mmm...r a m b u t a n!

February 27, 2008 at 6:55:00 PM GMT+7

Post a Comment